Back to Top

1
Hi, Guest!

Agen Oli Trafo Men Oli Trafo Terlengkap

Update Terakhir
:
07 / 12 / 2023
Min. Pembelian
:
1 Drum

Harga

Rp. 5.000.000

Detail Agen Oli Trafo Menjual Oli Trafo Terlengkap

www.supplierpelumas.com

Agen Oli Trafo,Jual Oli Trafo,distributor oli trafo

Minyak trafo alias minyak transformator adalah suatu bahan isolasi liquid yang digunakan sebagai isolasi serta sebagai pendingin pada transformator. Separuh bagian bahan isolasi tersebut diwajibkan memiliki kemampuan untuk dapat menahan tegangan tembus, sedangkan sebagai fungsi pendingin minyak trafo ini harus bisa meredam panas yang timbul. Dengan dua kemampuan penting yang melekat pada minyak trafo maka diharapkan penggunaan minyak trafo dapat melindungi trafo dari gangguan-gangguan yang tidak diharapkan.
Secara umum minyak trafo memiliki senyawa atau kandungan hidrokarbon, dimana senyawa hidrokarbon yang ada adalah senyawa hidrokarbon parafinik, aromatik dan tak krtinggalan senyawa hidrokarbon naftenik. Selain senyawa-senyawa dari keluarga hidrokarbon tadi ada pula senyawa yang dikenal dengan istilah zat aditif walaupun disebutkan bahwa zat aditif tadi kandungannya amat sangat kecil.
Minyak trafo dihasilkan dalam proses pemurnian minyak yang masih mentah, selain itu minyak yang satu ini pun berasal dari bahan organik seperti silikon dan piranol. Beberapa minyak trafo yang dapat dijumpai dengan mudah di lapangan antara lain Diala B, Mectrans dan tentu saja Diala A.
Akibat dari kenaikan suhu yang terjadi pada trafo dapat menyebabkan terjadinya mekanisme prses hidrokarbon dalam minyak dimana nilai kerapatan arus konduksi serta nilai tegangan tembus menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat apakah minyak trafo itu memiliki ketahanan listrik. Menurut beberapa pakar, hasil analisis mengatakan bahwa ketahanan listrik suatu minyak trafo bisa saja menurun akibat dari pengaruh asam serta pengaruh tercampurnya air dan minyak. Dalam rangka menetralisasi tingkat keasaman minyak trafo bisa digunakan potas hidroksida, sedangkan jika ingin menghilangkan kandungan air yang ada bisa menggunakan cara memberi suatu bahan higroskopis seperti silica gel.
Dalam perannya sebagai pendingin maka tingkat kekentalan dari minyak trafo itu tidak boleh terlalu tinggi supaya sirkulasi nya mudah, dengan begitu mekanisme pendinginan bisa berlangsung secara baik. Disebutkan bahwa tingkat kekentalan relatif yang baik dari minyak trafo maksimal 4,2 jika berada pada suhu 20 derajat celcius, sedangkan ketika berada pada suhu 50 derajat celcius maka tingkat kekentalan relatifnya maksimal 1,85 hingga 2. Ketentuan ini sesuai dengan sifat dasar minyak trafo yaitu semakin berat dan lama operasi dari minyak trafo itu maka akan semakin kental.
Sedangkan dalam perannya sebagai isolator maka minyak trafo dapat mengacu pada SPLN (1980) yang menyebutkan beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu:
1.Tingkat kejernihan
Tingkat kejernihan minyak trafo sebagai isolator tidak diperkenankan memiliki kandungan suspensi atau endapan.
2.Batas Massa Jenisnya
Pembatasan massa jenis dimaksudkan agar air tidak bisa berpisah dari minyak serta tidak melayang.
3.Viskositas Kinematika
Peran penting terdapat pada viskositas kinematika dalam hal pendinginan dimana kelas minyak ditentukan berdasar hal ini.
4.Titik Nyala tak Rendah
Titik nyala ini perlu diperhatikan dengan saksama karena titik nyala yang rendah mengindikasikan adanya suatu kontaminasi zat gabar yang sangat mudah terbakar.
5.Titik tuang
Identifikasi serta penentuan jenis peralatan yang hendak digunakan minyak isolasi didasarkan pada titik tuangnya.
6.Angka netralitas
Angka netralitas sendiri merupakan angka yang dapat menunjukkan penyusutan minyak serta mendeteksi kontaminasi pada minyak.
7.Tegangan tembus
Apabila tegangan tembus yang dihasilkan dianggap terlalu rendah maka hal itu merupakan indikasi adanya kontaminasi kotoran, air maupun partikel lainnya di dalam minyak.
Tampilkan Lebih Banyak
Kontak Kami